Cara Mematikan Proses pada Ubuntu

Cara Mematikan Proses pada Ubuntu

0 5

Baru pakai ubuntu? Bingung cara mematikan proses pada ubuntu? Yup, bagi kita yang biasa memakai windows kemudian berpindah ke linux yang mudah dipakai (baca : Ubuntu) akan bingung bagaimana cara untuk mematikan proses pada ubuntu. Pada windows kita bisa menggunakan task manager tinggal tekan ctrl + alt + delĀ kemudian pilih proses yang akan dimatikan. Pada ubuntu kita bisa memilih menggunakan salah satu dari 3 cara berikut. (jika ada yang mau nambah silahkan.)

1. Menggunakan top

Top merupakan aplikasi di terminal ubuntu, jadi kita tidak perlu melakukan instalasi lebih dulu. Top biasa digunakan untuk memantau proses dalam device kita. Untuk mematikan proses kita tinggal masuk terminal linux, ketik top kemudian akan tampil proses yang ada, selanjutnya ketik huruf k, masukan no PID dan tekan enter. Mudah bukan?

gambar-top

2. Menggunakan htop

Berbeda dengan top, program htop pada ubuntu tidak disertakan, jadi kita harus melakukan instalasi lebih dulu. Untuk menginstallnya kita bisa masuk ke terminal dan tulis perintah ini :

sudo apt-get install htop

Kita akan diminta memasukan password kita agar bisa melakaukan instalasi htop. Setelah selesai tinggal ketik htop pada terminal dan akan muncul tampilan sebagaimana pada gambar di bawah ini.

gambar-htop

Yup, tampilan htop lebih ‘meriah’ daripada top bukan. Jika dengan top kita harus menghafalkan no PID (no proses di cpu), dengan htop kita bisa memilih dengan cursor atau tombol bawah dan atas proses yang akan kita “kill“, selanjutnya tekan f9 dan enter. Mudah bukan?

3. Menggunakan xkill

Menurut saya, ini cara paling mudah untuk mematikan proses pada ubuntu, meskipun dengan keterbatasan proses yang dimatikan harus tampil di layar. Dengan xkill kita cukup ketik xkill di terminal dan enter, setelah itu cursor kita akan berbentu x , pilih proses yang akan dimatikan, semisal browser chrome, klik kan cursor ke chrome tadi dan chrome akan dimatikan. Sangat mudah.

gambar-xkill

Bagaimana cara mematikan proses yang dijalankan oleh root? Yup pertanyaan yang bagus. Jika sebuah proses dijalankan oleh root, user biasa tidak diperkenankan untuk mematikan prosesnya. Kita cukup menambahkan sudo di depan perintah kita di terminal, contoh : sudo top, sudo htop dan sudo xkill. Dengan begitu kita sudah bisa mematikan proses yang dijalankan root. Mudah sekali. Ada opini dan cara lain? Silahkan tuangkan dalam komentar.

NO COMMENTS

Leave a Reply